Jalan - Jalan ke Pulau Beras Basah Bontang

Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah
Libur akhir pekan? Bingung mau kemana? Bagaimana kalau jalan-jalan? Kali ini Jalan Sambil Jajan berkunjung ke sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di kota Bontang Kalimantan Timur. Tempat ini adalah sebuah pulau kecil berpasir putih yang terletak di sekitar perairan kota Bontang. Pulau ini bernama Beras Basah.
Pulau Beras Basah Bontang
Pulau Beras Basah Bontang
Menurut cerita rakyat, nama Beras Basah berasal dari kata "beras" dan "basah". Dahulu kala, terdapat kapal milik kesultanan kutai yang sedang berlayar di selat makassar. Kapal tersebut membawa bahan pangan yang diantaranya adalah beras. Kapal tersebut tiba - tiba saja karam dan menumpahkan bawaannya. Karena perairan tempat kapal karam tersebut dangkal maka bawaan kapal tersebut yang sebagian besar adalah beras tidak tenggelam, melainkan muncul sebagian seperti gundukan. Lama - kelamaan gundukan beras tersebut berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan. (wikipedia)
Pelabuhan Beras Basah
Pelabuhan Beras Basah

Pasir Putih Beras Basah
Pasir Putih Beras Basah

Pantai Beras Basah
Pantai Beras Basah

Mercusuar Beras Basah
Mercusuar

Panorama yang disajikan pulau ini sangat indah. Pasir pantainya putih dan lembut membuat pengunjung tidak pelu takut untuk bermain di pulau ini tanpa alas kaki. Air laut jernih dan membuat kita bisa melihat ikan dan binatang-binatang laut yang lalu lalang di dalamnya. Tak jarang banyak pengunjung yang tergoda untuk bersnorkling menikmati pemandangan bawah laut di pulau ini. Banyak pohon-pohon kelapa yang tumbuh menghiasi pulau. Dan yang menarik di pulau ini adalah adanya sebuah mercusuar yang berukuran cukup besar yang berada di salah satu sudut pulau. Sayangnya mercusuar ini ditutup sehingga pengunjung tidak bisa melihat ke dalamnya.
beras basah
Selfie Coy!

Pulau Beras Basah
Foto Bareng

Main Pasir
Main Pasir

Pulau Beras Basah
Main Bola

Pulau Beras Basah
Menari
Banyak hal yang dapat dilakukan pengunjung di pulau ini. Kita bisa berfoto bersama teman-teman untuk mengabadikan momen kebersamaan. Selfie lalu upload ke media sosial. Main Pasir dan mengubur salah satu temanmu. Main bola di pinggir pantai dan menendang bola ke tengah laut. Bahkan melakukan tantangan-tantangan gila seperti menari di depan pengunjung lainnya karena kalah dalam suatu permainan. Seru bukan?
Pulau Beras Basah
Tenda
Pulau Beras Basah
Musholah

Pulau Beras Basah
Banana Boat

Pulau Beras Basah
Warung Tenda

Pulau Beras Basah
Sewa Pondok
Ada banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung selama berada di pulau Beras Basah. Ada penyewaan tenda, penyewaan pondok, WC, musholah, warung tenda, dan banana boat. Untuk tarif penyewaan tenda dan pondok bervariasi mulai Rp 100.000,-. Bagaimana dengan WC? Kita cukup membayar air yang disediakan di dalam jerigen dengan harga Rp 5.000,- sampai dengan Rp 10.000,- tergantung ukuran jerigen. Ingin bermain banana boat? Cukup sediakan Rp 25.000,- per orang maka kita dapat merasakan keseruan bermain banana boat. Lapar tapi lupa bawa bekal? Tidak perlu bingung. Banyak warung tenda yang tersedia disini jadi tidak perlu takut kelaparan. Haha.
Pulau Beras Basah
Sewa Kapal
Untuk mencapai tempat Beras Basah, kita dapat menyewa kapal dari pelabuhan-pelabuhan yang ada di kota Bontang. Ada pelabuhan Lok Tuan, Tanjung Limau, Tanjung Laut, dan PT Badak NGL. Namun ada dua pelabuhan yang letaknya cukup dekat dengan pulau Beras Basah yaitu pelabuhan Tanjung Laut dan pelabuhan PT Badak NGL. Sayangnya pelabuhan PT Badak NGL tidak dapat digunakan oleh sembarang orang kecuali pekerja PT Badak NGL. Jadi lebih baik kita menyewa kapal dari pelabuhan Tanjung Laut. Tarif sewa kapal juga bervariasi tergantung ukuran kapal. Kalau beruntung kita bisa mendapat kapal dengan tarif Rp 600.000,- yang berkapasitas 10 orang lebih.
Pulau Beras Basah
Galau

Pulau Beras Basah
Bersama Teman-Teman

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai pulau Beras Basah ini sekitar 40 menit atau tergantung cuaca, ombak, dan kecepatan perahu. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi bentangan laut yang luas dan hembusan angin laut yang tak jarang membuat para jomblo menjadi galau. Jadi jangan pergi sendirian ya gaes. Ajak teman-teman yang banyak biar gak galau. Nikmati liburanmu dengan ceria.

Pulau Beras Basah
Beras Basah
Tunggu apalagi. Habiskan waktu liburanmu di pulau Beras Basah ini. Dan jika kamu tidak bisa berlibur bersama dengan orang terkasih, kamu bisa menuliskan kata-kata romantis di atas pasir dan kirimkan fotonya kepada dia yang kamu sayang disana.

I Love You N
I Love U
O iya jangan lupa LIKE Fanpage Jalan Sambil Jajan ya.
Makasih. ^^


Do not forget to LIKE Fanpage Jalan Sambil Jajan .
Thank you^^


0 Response to "Jalan - Jalan ke Pulau Beras Basah Bontang"

Post a Comment

Label

@StandUp_10Nop 12 menit aceh asia ayam bakar bakso bali balikpapan bandara bandeng banjarmasin barat bawis bebek belut beras basah beringharjo bontang bratang buah bungkul burger burjo camilan carnaval chocodays cincau cingur cola cosplay coto cuap2 cumi daftar daging domba donburi durian es facebook fan page fast food film gado-gado gorengan gresik gubeng gudeg gulai gunung gurame gurita homestay i idul fitri iga ikan imogiri indomie indonesia info jagung jahe jajan jalan sambil jajan jalan-jalan jamur japanese world jaya setiabudi jepang jerohan jus kacang kakap kalasan kambing kari kebon bibit keju kelapa kelud kentang kepiting kerang kerapu kereta kerupuk klampis klanting klatak klepon komunitas kopi korea kuah kue kukus kuliner kulit kupang kurma lalapan latin lebaran lele lemak lenggang lentho liburan lidah info lokal lomba lontong losmen lupis madiun madu madura mainan makanan makassar malang malaysia malioboro mall mangga mangrove manyar marching band bontang pkt marching band bontang pupuk kaltim martabak masak mataram medan meksiko meukbang mie mie goreng minuman mukbang mulyosari nasi ngagel nginden nonton oleh oleh palembang pameran pancake pantai pari pecel pekanbarum samarinda pempek penginapan pita ponorogo pontianak promosi pulau putu ramen rempah resep roadshow ronde roti rujak saluang sambal samyang samyang challenge santan sate saus sayu sayur seminar sepinggan sidoardjo siomay sirup snack solo sop sosis soto stand up comedy stand up night stasiun steak sukolilo sup surabaya sushi susu tahu tangerang selatan taoge teh telur tempe teppanyaki teri teriyaki timur tengah tongseng toys tulang udang universitas airlangga wisata yogyakarta yuk bisnis 먹방