[SPOILER] Nonton Film "12 Menit"

Poster dari 21cineplex.com
Akhirnya film ini rilis juga di bioskop. Kenapa saya sangat senang? Karena film ini istimewa menurut saya. Apalagi setelah saya merantau. Mau tahu? Baca review dari saya dibawah ini. Hati-hati bagi yang tidak suka SPOILER diharap stop sampai disini. Haha.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
12 Menit menceritakan tentang Rene -seorang pelatih Marching Band dari Jakarta- yang memutuskan untuk pindah ke Bontang Kalimantan Timur untuk melatih Marching Band Bontang PKT disana. Namun itu bukan hal yang mudah untuk Rene karena ia harus berhadapan dengan 130 anggota yang memiliki masalahnya masing-masing. Di antaranya Tara, Elaine, dan Lahang.

Tara, seorang gadis remaja yang pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan ayahnya tewas dan membuatnya mengalami gangguan pendengaran. Ibunya memutuskan untuk melanjutkan studi keluar negeri demi masa depan Tara. Tara merasa terbuang karena harus ditinggal dengan oma dan opa nya di Bontang. Namun berkat sang opa Tara berhasil mengalahkan egonya dan bergabung dengan Marching Band Bontang PKT.

Elaine, seorang gadis remaja keturuan Jepang yang memiliki ayah yang keras -kalau yang tahu meme tentang "Asian Dad" pasti mengerti ^^-. Ia harus memilih antara akademis atau marching band. Terlebih saat ia harus memilih mengikuti olimpiade fisika atau GPMB -Grand Prix Marching Band-. Hingga acara pelepasan Marching Band Bontang PKT tiba. Ayah Elaine terkesima dan berubah pikiran untuk mengizinkan Elaine pergi ke Jakarta bersama Marching Band Bontang PKT.

Lahang, seorang remaja dari suku dayak yang memiliki ayah yang sakit-sakitan. Membuatnya harus membagi perhatian antara Marching Band atau kesehatan sang ayah. Tapi sang ayah berhasil meyakinkan Lahang untuk mengejar impiannya mengikuti GPMB bersama Marching Band Bontang PKT.

Rene berhasil menyatukan semuanya dan membawa seluruh anggota Marching Band Bontang PKT untuk bertanding di ajang GPMB. Namun sebuah berita buruk datang untuk Lahang karena sang ayah meninggal. Sang manajer memutuskan untuk membawa Lahang pulang. Namun Lahang menolak karena telah berjanji pada sang ayah dan terus bertanding bersama Marching Band Bontang PKT.

Ending? Marching Band Bontang PKT juara 1..!!
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebenarnya saya baru masuk ke studio setelah 10 menit berlalu. Sepertinya cukup banyak hal-hal yang terlewatkan oleh saya. Bagaimana ceritanya Rene bisa bergabung dengan Marching Band Bontang PKT.? Awal mula Elaine datang ke Bontang? Mungkin kalau saya menonton lagi saya akan menemukan jawabannya. Haha.

Keseluruhan film ini sangat bagus dan menarik karena membuat penonton -termasuk saya- menitikkan air mata di beberapa bagian film. Apalagi ketika melihat penampilan Marching Band Bontang PKT yang membuat saya terpukau. 
Tetapi ada beberapa hal yang janggal -terutama bagi orang yang pernah tinggal di Bontang- seperti :
  • Rumah Tara di dekat Hotel Equator Bontang, dekat kompleks pabrik PT Pupuk Kaltim. Tapi dia latihan sendirian di daerah berpohon bakau -mungkin di Bontang Kuala-. Sedangkan sang opa dapat dengan santainya mendatangi Tara yang berlatih sendirian. Kalau sang opa berangkat belakangan, lalu Tara sama siapa ke Bontang Kuala?
  • Ada scene dimana Lahang berlari menuju rumahnya ke GOR PKT. Rumah Lahang dipantai. Jarak pantai ke Gor sangat jauh. Kaget juga tahu Lahang bisa berlari dari pantai ke GOR PKT seperti itu.
  • Ayah Elaine kerja di PT Blackbear. Tapi tinggal di kompleks PC VI PKT. Kurang tahu juga sih kalau selain orang PT Pupuk Kaltim bisa tinggal di kompleks PC-VI PKT atau tidak.
Ah sudah lah. Namanya juga film. Yang jelas film ini bagus kok. Apalagi untuk para perantau dari kota Bontang yang kangen dengan kota asalnya. Pabrik PT. Pupuk Kaltim, GOR PKT, Bontang Kuala, Kantor Walikota, dan sebagainya muncul di film ini. Entah mengobati kangen atau malah menambah kangen. Haha. 

Yang jelas film ini Recomended lah untuk di tonton. Apalagi yang pernah tinggal atau yang asli dari Bontang yang sedang merantau wajib nonton ini. Saya saja mau nonton lagi. Kurang puas karena belum menonton dari awal Haha.

Selamat menonton. ^^

O iya jangan lupa LIKE Fanpage Jalan Sambil Jajan ya.
Makasih. ^^



4 Responses to "[SPOILER] Nonton Film "12 Menit""

  1. Kalo baca novelnya mesti lebih ngerti deh. Hehehe..
    Di novel, seingetku, rumah lahang ada di teluk lombok dan dianya sendiri latihan di gor. Wuuh..sebagai orang bontang sendiri, aku gak bisa bayangin, seberapa jauhnya dia mesti berlari sampe gor. Jauh banget cyiinn...

    Mungkin krn yaa kebutuhan film, jadi diambil beberapa view yg bagus. Hem, rumah tara di deket hotel equator dan dianya main di bk? Hahaha..jauh juga ya maennya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah itu lah. Mungkin efek biar lebih dramatis. Tapi buat yg pernah tinggal di bontang pasti ngerasa aneh aja. Haha. Tapi keseluruhan bagus kok. Recomended lah.

      Delete
  2. film ini memberikan motivasi yang sangat bagus yaa, mengajarkan orang tidak mudah menyerah
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Film ini menginspirasi orang untuk tidak menyerah dan tetap bersemangat mencapai tujuannya. :D

      Delete

Label

@StandUp_10Nop 12 menit aceh asia ayam bakar bakso bali balikpapan bandara bandeng banjarmasin barat bawis bebek belut beras basah beringharjo bontang bratang buah bungkul burger burjo camilan carnaval chocodays cincau cingur cola cosplay coto cuap2 cumi daftar daging domba donburi durian es facebook fan page fast food film gado-gado gorengan gresik gubeng gudeg gulai gunung gurame gurita homestay i idul fitri iga ikan imogiri indomie indonesia info jagung jahe jajan jalan sambil jajan jalan-jalan jamur japanese world jaya setiabudi jepang jerohan jus kacang kakap kalasan kambing kari kebon bibit keju kelapa kelud kentang kepiting kerang kerapu kereta kerupuk klampis klanting klatak klepon komunitas kopi korea kuah kue kukus kuliner kulit kupang kurma lalapan latin lebaran lele lemak lenggang lentho liburan lidah info lokal lomba lontong losmen lupis madiun madu madura mainan makanan makassar malang malaysia malioboro mall mangga mangrove manyar marching band bontang pkt marching band bontang pupuk kaltim martabak masak mataram medan meksiko meukbang mie mie goreng minuman mukbang mulyosari nasi ngagel nginden nonton oleh oleh palembang pameran pancake pantai pari pecel pekanbarum samarinda pempek penginapan pita ponorogo pontianak promosi pulau putu ramen rempah resep roadshow ronde roti rujak saluang sambal samyang samyang challenge santan sate saus sayu sayur seminar sepinggan sidoardjo siomay sirup snack solo sop sosis soto stand up comedy stand up night stasiun steak sukolilo sup surabaya sushi susu tahu tangerang selatan taoge teh telur tempe teppanyaki teri teriyaki timur tengah tongseng toys tulang udang universitas airlangga wisata yogyakarta yuk bisnis 먹방